Perhentian, Pameran Kartu Pos oleh FUR Zine

July 19, 2015

Kapan terakhir kali kamu ngirim kartu pos?

Terkahir kali, yang miss Flamingo ingat adalah ketika SD. Saat itu miss Flamingo selalu rajin untuk ikutan kuis TTS di Majalah Bobo demi mendapatkan buku stiker Ksatria Baja Hitam hihi.. Wah, ga kerasa, sudah lebih dari satu dasawarsa yang lalu ya, lama banget. Nostalgia masa lalu seputaran kartu pos ini kembali menyerbu manakala miss Flamingo mengunjungi Pameran Perhentian, sebuah pameran kartu pos yang diadakan oleh FUR Zine.

FUR sendiri merupakan sebuah zine yang memuat karya tulis dan visual sejak tahun 2008, digagas oleh Tampan Destawan, Kanya Sjahrir, dan Debra Raymond. Pameran Perhentian ini menjadi ajang pamitan teman-teman FUR untuk rehat sejenak. Ga ko, ga bubar, cuma rehat saja, jangan khawatir. Bahkan, katanya mereka tengah mempersiapkan proyek lain.

Pengunjung yang datang ke Duduk Duduk Aspirational Space Jalan Kemang Utara No. 42, Jakarta pada 9-10 Mei 2015 akan dimanjakan dengan beragam visual gemes dalam bentuk kartu pos. Mulai dari karya ilustrasi hingga foto yang diaplikasikan dalam wujud kartu pos, ditempel di sepanjang dinding putih yang menyerupai lorong panjang. Semua karya yang terkumpul merupakan hasil open submission, dipajang bersama nomor yang tertulis di atas solatip kertas untuk merekatkan si kartu pos ke dinding. Sebelum memasuki ruang pamer, pengunjung didaulat untuk mengisi buku tamu. 200 pengunjung pertama yang beruntung dipersilahkan untuk mengambil undian dalam kaleng yang tersedia di samping buku tamu. Begitu gulungan dibuka, tada.. akan keluar nomor cantik.

Nomor cantik ini akan menghantarkanmu untuk mencari kartu pos bernomor sama. Setelah ketemu, silahkan tuliskan pesan serta nama dan alamat yang dituju di baliknya. Jangan lupa tuk kembalikan ke tempat semula ya agar pengunjung lain dapat menikmatinya. Desta a.k.a Tampan Destawan bilang, kesemua kartu pos ini nantinya akan benar-benar dia kirimkan dalam beberapa kloter. Kurang lebih, sekitar 200-an kartu pos ini dibuat oleh orang yang berbeda, mulai dari seniman, mahasiswa, ilustrator, dan lainnya, dalam dan luar negeri. Jadi jangan heran kalau liat list nama kontributornya yang super panjang di bawah e-poster.

Sekitar sebulan setengah sesudah pameran ini berakhir, di suatu malam miss Flamingo menerima Whatsapp dari si pacar yang bilang, “Makasih ya kartu pos-nya..” Wah, sudah sampai rupanya, jadi senang juga ternyata benar-benar dikirim sama Desta hihi..

Selain pameran kartu pos, FUR juga memamerkan beberapa edisi zine yang sempat dicetak, beberapa penggiat zine independen, baik cetak maupun online pun diundang untuk duduk bareng, berbagi kisah dan pengalamannya masing-masing. Bagian ini akan miss Flamingo ceritakan secara terpisah ya. Berikut beberapa momen yang miss Flamingo tangkap di hari Sabtu, 9 Mei, kala itu. Selamat menikmati.

2015 Pameran Kartu Pos Perhentian di Duduk Duduk Kemang acaranya Fur Magazine 3 | laughonthefloor.com

2015 Pameran Kartu Pos Perhentian di Duduk Duduk Kemang acaranya Fur Magazine 4 | laughonthefloor.com

2015 Pameran Kartu Pos Perhentian di Duduk Duduk Kemang acaranya Fur Magazine 7 | laughonthefloor.com

f2015 Pameran Kartu Pos Perhentian di Duduk Duduk Kemang acaranya Fur Magazine 5 | laughonthefloor.com

2015 Pameran Kartu Pos Perhentian di Duduk Duduk Kemang acaranya Fur Magazine 9 | laughonthefloor.com

2015 Pameran Kartu Pos Perhentian di Duduk Duduk Kemang acaranya Fur Magazine 1 | laughonthefloor.com

2015 Pameran Kartu Pos Perhentian di Duduk Duduk Kemang acaranya Fur Magazine 10 | laughonthefloor.com

Sukses terus FUR, semoga segera kembali dari rehatnya ya!

♥ ♥ ♥,

miss Flamingo

 

 

 

 

 

(Photo Courtesy by miss Flamingo)

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply