topics

Review Buku EVIL PLANS: Having Fun on The Road to The World Domination

December 30, 2015
Evil Plans: Having Fun on The Road to The World Domination, tampilan simple dengan warna yang catchy

Evil Plans: Having Fun on The Road to The World Domination, tampilan simple dengan warna yang catchy. Tebalnya 192 halaman, terbitan Penguin Books/Portfolio

Pernah terpikir untuk meninggalkan pekerjaan kamu? Ya karena buku ini banyak membahas tentang anjuran untuk melakukan hal yang kamu cintai dan (ehem) dibayar untuk melakukannya, asyik kan?

Dimulai dari awal cerita bahwa Hugh sang penulis memiliki masa sulit saat mencari kenyamanan dalam bekerja, namun apa yang ia tunggu tidak kunjung tiba, ya gimana enggak lah, dia punya keinginan untuk diberi uang oleh 10.000 orang setiap tahun. Saat itulah ia mencari inspirasi mulai dari obrolan bersama teman hingga dari toko daging yang dapat menjual daging dengan keuntungan berlipat ganda setiap harinya.

Sampai akhirnya dia membuat sebuah “Microbrand” (gapingvoid.com) yang ia sebut sebagai tempat di mana ia bisa melakukan yang lebih dari pekerjaannya yang dulu dan dapat memfasilitasi ide kreatifnya, dan brand tersebut berbasis di internet yang mana sangat mudah untuk me- “viral” kan ide-nya.

Seru sih baca buku ini karena banyak ilustrasi plus quotes nyeleneh yang bikin kita mikir dan bilang dalam hati (kok gini sih? Eh, tapi bener juga ya) seperti ini

evil 3

 

dan seperti ini

evil 2

dan quotes yang inspiratif dan nyeleneh

“Getting a lot of people to hate you is easy. All you have to do is become easily successful at doing something you love”

“I don’t need religion, i’ve got an iPhone”

Quote ini bagus menurut mister, cukup lingering di kepala

Quote ini bagus menurut mister, cukup lingering di kepala

Apa yang dapat kita pelajari dari buku ini adalah, bagaimanapun, kita harus selalu terjaga, mencoba memahami dunia dan cara kerjanya. Kita seharusnya tidak pasif menerima dunia korporasi, melainkan mencoba untuk meminimalkan efek negatif dari korporasi sebanyak yang kita bisa seperti mengerjakan pekerjaan yang sama selama 50 tahun (mungkin).

Buku ini sangat nyaman kita baca, kenapa? gaya tulisannya yang sangat ringan dan cukup cerdas dengan membuat seolah membawa kita seperti mengalami situasi yang Ia alami seperti selama dia bekerja, keluar dari pekerjaannya dan hidup menganggur hingga akhirnya menemukan apa yang Ia inginkan. Selain itu juga selera humor dan nyinyir dari Hugh seolah sama seperti apa yang kita pikirkan.

Dari sekian banyak di buku ini membahas tentang pengalaman hidup Hugh Macleod yang ingin dibayar orang banyak setiap tahunnya, ia paling banyak menyebut kan kata “Love” cintai apa yang kamu kerjakan, karena selama kamu tidak merasa mencintai apa yang kamu kerjakan, maka kamu akan selamanya terjebak di dalamnya dan hanya mendapatkan itu-itu saja.

 

“It has never been easier to make a great living doing what you love. But to make it happen, first you need an EVIL PLAN. Everybody needs to get away from lousy bosses, from boring, dead-end jobs that they hate, and ACTUALLY start doing something they love, something that matters. Life is short.” -Hugh MacLeod

xoxo

You Might Also Like