interior interview topics

me and my shop | TEAPOT

September 18, 2011

‘TEAPOT’, suatu hari miss Flamingo lewat jalan Trunojoyo dan ketika pertama kali melihat toko ini dari balik kemudi setir, hmmm ‘Lucu juga kayanya nih toko…‘ – cuapan dalam hati,  lumayan bikin penasaran. Sampai akhirnya suatu saat menyempatkan diri untuk mampir ke toko yang tepatnya terletak di jalan Trunojoyo no. 15 ini (yang bertetanggan dengan Satcas, Rockmen, dan Camden tepatnya), then I fall in love with this shop. Ternyata Bandung memang sempit, waktu masuk ke dalam toko, terlihatlah wajah yang sangat familiar. Setelah bincang – bincang kecil sesaat, si pemilik toko ternyata adalah kakak kelas miss Flamingo jaman berseragam putih abu – abu.

Berikut sedikit kisah dari nona juragan TEAPOT tentang tokonya yang bernuansa hommy and warm.

Halo, nama saya

Meldi Octaviani, umur 25 tahun.

Toko baju saya dikasih nama TEAPOT

Hmm.. Karena plan awalnya saya mau membuat butik khusus untuk plus size clothing, dan kebeneran pas lagi mikir – mikir untuk namanya, saya keinget sama Mrs. Pott sebuah karakter di film Disney, yang berbentuk teapot dan bulat. So, langsung tercetuslah ide menamakan butik ini Teapot, karena Teapot itu bentuk dasarnya ada yang bulat juga curvy.

Awalnya TEAPOT bisa berdiri

Dorongan dari orangtua sih sama tante saya, terutama ibu saya.. Kebetulan saya sempat sekolah di Esmod, jadi ibu saya bilang ya udah buat clothing line aja, tapi bikin yang belum banyak ada disini.. ‘Plus size clothing aja..’, tapi saya masih ragu – ragu. Saat itu saya juga lagi bingung mau ngapain untuk berpenghasilan, antara mau bikin online shop dulu atau langsung butik atau jadi freelance makeup artist atau ambil illustration course untuk mengasah kemampuan menggambar lebih dalam dan lebih dalam lagi… Ujung – ujungnya malah jadi teacher di salah satu international kindergarten di Bandung. Kiddie world always fun! Baru beberapa bulan kerja tiba-  tiba ibu saya ditawarkan tempat kosong untuk disewakan jadi toko oleh temannya, setelah lihat – lihat tempatnya, berpikir, akhirnya memberanikan diri juga menyewa tempat itu. Persiapannya juga sangat cepat karena memang sangat mendadak, skitar 3 – 4 bulanan. Lalu berdirilah si TEAPOT ini pada tanggal 3 Oktober 2009, dan menjadi hari yang cukup bersejarah untuk saya.

Yang dijual di TEAPOT

Tops, skirts, pants, dresses, some bags and shoes, accessories juga ada, price range nya sekitar IDR 100.000 – 400.000 an, masih sangat terjangkau kan :).

Interiornya dirancang

dibantu sama interior designer dari bandung Bonx (read : Bonek) sama Vilcka, mereka juga yang buat interior untuk Rockmen dan Badger, itu beberapa project mereka yang saya tahu. Ide awalnya sih concept-nya gimana dari saya sendiri, terus mereka kembangin lagi sampe jadinya kaya interior TEAPOT yg sekarang ini.

Mimpi buat TEAPOT ke depan

TEAPOT semakin bertambah umur, semakin berkembang, cerah dan bersinar masa depannya.

Yang membedakan TEAPOT

Size bajunya, karena ada plus size clothes.

Pengalaman terbaik

Pas ada customer masuk, suka banget sama toko ini, belanja banyaakkk.. Membuat pendapatan TEAPOT bertambah hahaha.. Pengalaman to the max-nya sih memang kalo ada customer yang belanja trus suka banget sama barang – barang kita, langsung dipake saat itu juga setelah bayar!! Rasanya luar biasa kalau untuk saya, terus kalau ada customer bilang ‘Barangnya bagus2 yaa..’ itu tuh berasanya mereka respect sama apa yang udah saya kerjakan untuk TEAPOT ini.

Merasa desperate dengan toko ini

Sedikit banyak pernah haha..

Mengatasinya

Gratitude, positive thinking, dan beride memunculkan kreatifitas – kreatifitas untuk membuat sesuatu yang baru untuk TEAPOT setiap saat, dan berusaha untuk diwujudkan.

Benda atau part interior yang paling disukain dari toko

Hanging lamp yang bentuknya teapot dan cangkir – cangkir di sekelilingnya, karena custom made, dan unique. Kayanya masih jarang banget ada lampu kaya gitu disini.

Kalau ga TEAPOT, toko yang bakal saya bikin

Italian food cafe dengan suasana yg cozy dan hommy, ada library dan gallery-nya juga mungkin.. Because I loveee Italian food, books, and art indeed!

Bosan dengan tampilan toko

Pernah

Mengatasinya

Rubah window display dan letak – letak barangnya.

I was looking for something a lot heavier, yet melodic at the same time. Something different from heavy metal, a different attitude.

– by Kurt Cobain

Menjadi berbeda dengan yang lain, adalah suatu hal yang lumrah dan ga salah, seperti TEAPOT yang menjadi beda dengan kebanyakan toko pada umumnya. TEAPOT menyajikan plus size clothes. Yeah, keep be different and shining :).

photos captured by Elisa Maritza

You Might Also Like

16 Comments

  • Reply Selvi December 29, 2011 at 12:33 pm

    butiknya bagus banget. unik. nama teapot nya juga oke banget. mau usul ni mba Meldi, kalo bisa teapot buat online store dong buat temen-temen yang ada di luar Bandung. kan biar bisa update terus dan yang ga sering ke bandung bisa ringkas n praktis buat beli koleksi yang ada di Teapot. thanks.

    • miss Flamingo
      Reply miss Flamingo January 3, 2012 at 4:16 pm

      hai selviii, udah disampaikan sama nona Meldi ya pesan – pesannya ♥ makasih loh.

  • Reply sekky March 4, 2013 at 8:42 pm

    iya tolong kalo bisa buka online shop karena saya orang jauh 🙂

  • Reply xia October 30, 2013 at 10:03 am

    sist, ini belum ada online shop nya ya? saya dari semarang dan ingin membeli ><. terima kasih

  • Reply ita June 2, 2014 at 11:03 am

    butik teapot udah tutup apa pindah??? akhir mei kemarin saya liburan ke bandung, saya cari butiknya kok katanya udah tutup.

  • miss Flamingo
    Reply miss Flamingo June 2, 2014 at 10:39 pm

    Sekarang, butiknya sudah pindah ke Jalan Nanas No. 13 Bandung 😀

  • Reply fae July 2, 2014 at 5:05 pm

    Mau nanya, ini masih nyediain plus size clothing kan?:)

  • Reply fe July 6, 2014 at 8:46 am

    serius udah pindah?
    rencana hari ini saya mau ke sana tp nggak tau jalan
    tau nggak miss kalo dari dago ke jalan nanas naiknya apa?

  • Reply dita September 25, 2014 at 2:17 pm

    sis, ini udah pindah ke jalan nanas deket IBCC bandung bukan?
    bulan kemarin ke jalan trunojoyo , katanya udah tutup.

  • Reply Sarah July 26, 2015 at 3:22 am

    Saya mudik ke bandung,trus nyari almt teapot sampek pusing. Saya dr aceh trus pingin belanja baju…Eh malah ngak ketemu. Saya mau pesan online gmn y??

    • miss Flamingo
      Reply miss Flamingo July 27, 2015 at 5:53 am

      Halo Sarah, mohon maaf sebelumnya, sekarang Teapot sudah tidak beroperasi lagi 🙂

  • Reply Oryza October 16, 2015 at 6:25 pm

    Kenapa mbak? Pdhl bagus loh sy suka nyari baju yg gede2

  • Reply Tsuroyya al atsariyah October 21, 2015 at 4:59 am

    Mbak..teapot skrg ada di jlan apa y sbnr ny?di trunojoyo udh tutup,di jlan nanas kl g slh tmpat mksn nasi uduk jkrta.sy btuh bju oversize mbk..di teapot model ny bgus2.kmrn sy udh pusing muter2 cri teapot..

    • miss Flamingo
      Reply miss Flamingo October 27, 2015 at 8:13 pm

      Halo untuk Tea Pot, bisa menghubungi ke nomor ini langsung ya 😀
      0816615952 / 08112228338

  • Reply devy May 12, 2016 at 4:57 pm

    Teapot dimana ? Mau orderrr

  • Reply sri May 27, 2016 at 11:11 pm

    Ya ampuuunn tadi siang ngubek2 trunojoyo kirain masih ada..nyatanya udah ga ada..hiksss

  • Leave a Reply