topics

Young Artist Award (YAA) 2016 by REDBASE Foundation Yogyakarta

March 16, 2016

Kondisi infrastruktur seni yang dirasa belum memadai serta minimnya sokongan dari institusi pemerintah dalam pengembangan praktik seni kontemporer di Indonesia, menjadi ramuan motivasi bagi REDBASE Foundation Yogyakarta untuk mengadakan Young Artist Award (YAA). Art Foundation yang belum genap setahun hadir menempati bangunan di Desa Jurug RT 02 No. 72, Bangunharjo, Sewon, Kecamatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55187, Indonesia –berdekatan dengan komplek ISI Yogyakarta, ini merealisasikan program perdananya YAA.

Diharapkan, YAA dapat mendorong praktik seni rupa pelajar dan seniman muda di Indonesia dari latar belakang seni rupa yang beragam. Pemenangnya nanti akan memperoleh asistensi karir berikut dukungan finansial yang sepenuhnya didanai secara mandiri oleh REDBASE Foundation, sebagai berikut:

  • Juara I [1 orang] – IDR 10.000.000

Berkesempatan untuk mengikuti pameran tunggal atau grup bersama REDBASE Art Management berskala nasional / internasional.

  • Juara II [2 orang] – @ IDR 3.000.000

Berkesempatan mengikuti program Artist in Residence (AIR) Residensi di REDBASE Foundation atau mengikuti pameran grup bersama REDBASE Art Management berskala nasional / internasional.

  • Juara III [2 orang] – @ IDR 2.000.000

 

// JURI //

Anusapati (Yogyakarta) – Seniman

Asmudjo Irianto (Bandung) – curator

Cosmas Gozali (Singapore) – collector

Edy Sunaryo (Yogyakarta) – Dosen ISI

Heri Pemad (Yogyakarta) – ARTJOG

 

Lima seniman muda (termasuk emerging artist) akan diseleksi oleh kelima juri di atas, yang pastinya sudah memiliki nama dan berpengaruh dalam perkembangan seni kontemporer Indonesia. Mereka akan melihat bagaimana para seniman menciptakan karya yang kuat dengan konsep menarik melalui hasil riset serta eksplorasi.

Siapa saja yang boleh berpartisipasi menjadi peserta?

  • Penduduk Indonesia
  • Berusia antara 20 – 35 tahun
  • Menyertakan portfolio yang berisi 3 – 5 karya terbaru (2014-2016) dan minimal 3 karya dari sebelum tahun 2014
  • Terbuka untuk seniman dari beragam latar belakang artistik yang berbeda (lukis, patung, keramik, instalasi, new media, multimedia, fotografi, video, atau grafis)

// SUBMISSION //

  1. 3 sampai 5 foto karya terbaru (2014-2016) dan minimal 3 foto karya dari tahun terdahulu (sebelum tahun 2013)
  2. Foto karya berformat JPEG, minimal 500 KB dan maksimal 1.5 MB per foto (semua foto karya harus disertakan: Judul, Media, Ukuran, dan Tahun pada judul foto karya)
  3. Konsep karya disertakan dalam bentuk file Word maksimum 300 kata dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Konsep harus berhubungan dengan karya yang disertakan
  4. CV terbaru dalam bentuk file Word
  5. Email dan nomor kontak
  6. Kirimkan dengan Subject: REDBASE YAA 2016 / Full Name

 

Selamat mencoba..

♥ ♥ ♥,

miss Flamingo

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply