#randomwalking “menjelajah kota – memperluas sudut pandang”

September 18, 2014

Rutinitas serta pola tertentu dalam keseharian, terkadang bikin miss Flamingo jenuh. Gimana ga jenuh, lah wong berulang setiap hari. Kebiasaan yang sudah terbangun karena dilakukan secara rutin ini membuahkan reflek yang sedikit ganggu, buat miss Flamingo. Naik kendaraan, puter kunci, mesin nyala, ga usah banyak mikir belok kanan atau kiri di jalan, eh tiba-tiba sudah mendarat di tempat kerja. Sudah hapal di luar kepala. Begitu hari Sabtu dan Minggu tiba, waktunya bergaul. Jengjeng.. “Eh ko lewat sini ya. Kan mau ke Dago, bukan ke Cibaduyut. Aduh!”, celetuk miss Flamingo dalam hati, ketika setelah setengah perjalanan baru tersadar.

Terkadang terlintas di hati, “Bosen ya tinggal di Bandung, ingin pindah keluar Bandung deh.”. Perasaan-perasaan macam ini sedikit terobati kala miss Flamingo join jalan-jalan random yang digagas oleh Kakaksrul alias bung Nasrul dan bung Wiku pada Sabtu sore, 13 September yang lalu. Kegiatan yang dilabeli #randomwalking ini merupakan kegiatan jalan-jalan keliling kota yang sengaja diagendakan untuk menyesatkan diri ke seluk beluk jalanan perkotaan yang jarang terlihat secara kasat mata.

Meskipun kegiatan yang memiliki tagline ‘menjelajah kota – memperluas sudut pandang’  kali kedua ini ga sampai menyesatkan teman-teman yang ikutan, semuanya tetap enjoy! Kalau kata iklan sih ‘ga ada lo ga rame’.

“Enak jalan-jalan barengan..”, curcol bung Nasrul. Dirinya yang sempat beresidensi di JAF (Jatiwangi Art Factory) ini bercerita bahwa, kala menetap sekitar sebulan di sana, pria berbintang taurus ini sempat berjalan-jalan seorang diri di desa sekitar. Ternyata bung Nasrul merasa kesepian, “Ga enak jalan-jalan sendirian, lonely. Pengen ada yang nemenin.’.

Selain keseruan jalan-jalan menikmati suasana sore hari bersama kawan, ada hal menarik lainnya. Meskipun jejalanan yang dilewati bukanlah jalan asing, namun ada saja hal-hal baru yang sebelumnya ga pernah diperhatikan. Mungkin lebih tepatnya belum bisa terperhatikan. Karena biasanya miss Flamingo melintasi jalanan tersebut dengan kendaraan pribadi. Yang seringnya dalam keadaan terburu-buru, harus beradu dengan kendaraan lain.

Hal-hal baru buat miss Flamingo semacam, ternyata ga salah-salah banget ya kalau banyak yang buang sampah sembarangan. Jarak dari satu tempat sampah ke tempat sampah lainnya terasa jauh, seakan bermusuhan. Begitu nemu, eh.. hanya rangkanya saja, tanpa wadah plastiknya yang konon katanya ramah lingkungan, terbuat dari tapioka. Lah, harus buang ke mana dong? Selain itu, telah terjadinya pembuatan lubang biopori di beberapa taman samping trotoar di jalan Sumatera. Perjumpaan dengan pa Imron, penjual es potong keliling yang keluar kerja dan mulai usaha sendiri sejak tahun 2002. Last but not least, ikan-ikan kecil yang hidup berdampingan dengan sampah-sampah di got. Si ikan watir, tough juga ya (masa kalah sama ikan, miss Flamingo meringis)..

Sepanjang perjalanan, miss Flamingo merasa ga seperti berada di Bandung. Seakan sedang bertualang dan menjelajah di antah berantah. Tak lama pun tersadar. Tempat boleh jadi sama. Sama-sama Bandung, sama-sama jalanan yang sering dilintasi. Bosan? Pindah keluar Bandung? Bisa aja. Tapi, bukan ga mungkin akan mengalami kebosanan lagi. Buat miss Flamingo, semuanya kembali ke kacamata. Bagaimana cara melihat sesuatu dari sudut pandang yang lain.

Peserta berkumpul jam 3 sore di Tobucil. Perjalanan pun dimulai dengan mengundi belak-belok yang harus dilalui. Di persimpangan, kertas bertuliskan belok kanan, belok kiri, jalan terus, atau istirahat 15 menit – nikmati pemandangan, yang telah digulung pun dikocok untuk diambil sebagai pengarah perjalanan. Menghantarkan ketujuh peserta #randomwalking ke Bawean dan ga tahan jajan sore dulu

hal-hal yang ditemui di perjalanan

istirahat sejenak di Taman Vanda

kenalan dan jajan es potong bikinin pa Imron

menikmati sunset di jembatan stasion kereta api

Buat yang berminat untuk join jalan-jalan random ini, rencananya #randomwalking akan dilaksanakan rutin tanggal 13 tiap bulannya. Namun, ga menutup kemungkinan untuk agenda jalan-jalan random lainnya di luar itu. Judulnya juga random hihi.. Silahkan colek bung Nasrul di sini..

Feel free to stalk them here randomwalking.info

♥ ♥ ♥,

miss Flamingo

 

 

 

 

 

(Photo Courtesy by miss Flamingo)

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply