travel

Berenang Bersama Ikan Koi di Umbul Ponggok, Klaten

August 16, 2014

Ketika matahari sedang terik-teriknya, paling enak yaa makan es krim, atau berenang. Tapi, kalau kebanyakan makan es krim, nanti kalori dalam tubuh bertambah, trus jadi ga sehat. Ya sudah, kalau begitu miss Flamingo memilih untuk berenang saja deh.

Kegiatan olahraga di dalam air ini memang sangat bermanfaat bagi tubuh, selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, berenang juga dapat mencegah stres dan depresi. Makanya, setelah berenang, miss Flamingo merasa menjadi lebih kalem, ternyata itu karena terjadi peregangan dan relaksasi pada otot-otot, tidak jauh berbeda dengan yoga. Ketika berenang pun, hormon anti-stres yaitu endorfin juga dapat dilepaskan.

Bosen berenang di kolam renang biasa? Pengen ada hiburan di kolam renang? Tapi budget tidak cukup untuk pergi ke Waterbom dan sejenisnya? Eits, jangan khawatir, karena kali ini miss Flamingo akan memberi satu informasi mengenai tempat renang asik yang berada di Klaten. Kolam renang ini bernama Umbul Ponggok.

Kolam renang ini banyak disebut-sebut sebagai “surga” untuk snorkeling dan diving di air tawar. Ketika mendengar itu, miss Flamingo yang sempat bercita-cita menjadi atlet renang ini seketika senang dong. Rasanya sudah tidak sabar untuk nyebur ke kolam, dan menikmati nuansa alami di sekeliling kolam.

berenang di umbul ponggok-juni-2014 (1)

Ya, begitulah kalau pergi tanpa banyak membekali diri dengan berbagai informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi, hihi.. Bisa-bisa ekspektasi kita menjadi ketinggian. Begitulah yang terjadi dengan miss Flamingo. Ketika mendengar kata snorkeling dan diving, miss Flamingo langsung membayangkan berenang di sungai atau kali, dan semacamnya. Namun, ternyata saat sampai di lokasi, ooooh, ternyata kolam renang biasa. Bagian atas kolamnya tidak ada yang menarik, hanya seperti kolam renang biasa yang ramai didatangi pengunjung. Sempat kecewa rasanya hati miss Flamingo, juga sempat ada keinginan untuk tidak jadi menceburkan diri ke dalam kolam. Namun, setelah adanya desakan dari beberapa teman yang berkata “Ayo! Kamu harus masuk ke kolam! Ini bagus banget! Ayo” , akhirnya miss Flamingo pun mulai mencelupkan kaki ke kolam tersebut.

Airnya sangat dingin, enak banget emang kalau berenang ketika cuaca sedang panas-panasnya. Airnya juga bersih, ada mata air di dalam kolam yang tidak ada hentinya mengeluarkan air. Sehingga air kolam yang sudah penuh, langsung jatuh ke sungai. Oh iya, ketika akan berenang di sini, jangan lupa untuk membawa kacamata renang, kemudian celupkan wajah ke kolam untuk melihat apa yang ada di dalamnya, dan ternyataaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa………. BAGUS BANGET!!! Ngga percaya?? Lihat sendiri ya foto-fotonya.

DCIM100GOPRO

DCIM100GOPRO

DCIM100GOPRO

DCIM100GOPRO

DCIM100GOPRO

DCIM100GOPRO

DCIM100GOPROIkannya banyak, mulai dari ikan nila, bawal, koi. 

Untuk mencapai tempat ini dengan menggunakan motor, dari Yogyakarta kira-kira menghabiskan waktu sekitar satu jam. Seingat miss Flamingo sih waktu itu rutenya melewati Ambarukmo Plaza, kemudian Prambanan, lalu terus lagi sampai Klaten. Begitu sampai Klaten, bisa tanya ke warga setempat. Namun, jika ingin yang lebih pasti, install aplikasi Waze di handphone pintar kalian, kemudian carilah Umbul Ponggok. Tenang, miss Flamingo juga akhirnya mengikuti rute yang diberikan oleh Waze dan selamat sampai tujuan.

Nanti, di sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan dengan hamparan sawah-sawah yang hijau, jadi, meskipun perjalanannya cukup panjang, tidak perlu khawatir akan bosan. Jangan lupa juga pakai jaket tebal kalau akan berkendara dengan menggunakan motor, karena anginnya cukup besar dan bisa membuat masuk angin, heuheu..

Harga tiket masuknya hanya IDR 3.000 saja (kalau hari libur sekitar IDR 4.000). Kalau bawa motor, bayar parkir sekitar IDR 2.000 atau 3.000 (yang ini miss Flamingo agak lupa). Murah meriah ya? Kalau mau sewa snorkel gear juga bisa di sini, tapi kalau lagi penuh ya harus sabar mengantri. Saran miss Flamingo sih, cukup kok bawa kacamata renang dan kamera waterproof, kemudian foto-foto asik bersama ikan warna-warni di dalam air.

♥ ♥ ♥,

miss Flamingo

 

 

 

 

 

(Photo Courtesy by miss Flamingo)

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply